Tips Membuat Paspor

Just another WordPress.com weblog

Step 4, Datang Lagi ke Kantor Imigrasi Untuk Wawancara dan Foto

leave a comment »

Berdasarkan pemberitahuan sebelumnya bahwa saya diminta datang lagi 2 hari setelah meberikan formulir,
maka saya pun datang lagi ke kantor imigrasi.

Seperti saya ceritakan sebelumnya juga, saya memilih untuk mengajukan paspor di kantor imigrasi DEPOK, pertimbangannya adalah:
– Cari Kanim yang Sepi
– Cari kanim yang dekat

Kenapa dekat jadi pertimbangan?, ya supaya nggak jauh….:D
Kalau nggak jauh, kita bisa datang pagi2 dan dapat no antrian lebih awal.

Saya datang ke Kanim setengah delapan pagi, Loket untuk foto memang belum dibuka, tapi kita sudah bisa mendaftar, idealnya (kalau nggak ada interupsi calo) yang daftar duluan bakal dapat no antrian duluan juga.

FYI di Kanim depok nggak ada Calo, tapi ada orang yang kelihatannya ngurusin banyak berkas orang (calo bukan ya) dan kelihatannya dia kenal dengan orang2 kanim depok.

Anyway saya dapat no antrian No: 3
Setelah nunggu 20 menit, akhirnya buka juga tuh loket foto dan pembayaran.
Nama saya dipanggil, “WONOKAIRUN…SILAHKAN MENUJU LOKET PEMBAYARAN”,
Di loket pembayaran saya ditagih Rp 270,000 untuk Paspor 48 halaman.
Iseng saya bertanya: “Pak saya bikin yang 24 halaman saja”
Penjaga loket: “Nggak bisa mas, 24 halaman itu buat TKI”
(saya tidak tau apakah peraturan itu demikian adanya atau tidak)

Akhirnya saya bayar Rp 270,000, dan duduk nunggu lagi untuk foto dan wawancara.
15 menit kemudian saya dipanggil lagi dan selesaii……:)

Saya disuruh datang lagi 2 hari kemudian.

Waktu dan biaya yang saya habiskan untuk Step 4:
Waktu: 1 Jam (sebenarnya 45 menit sih)
Biaya: Rp 270.000

Written by Nura VisualCV

Agustus 27, 2009 pada 7:58 am

Ditulis dalam Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: